Kami menyediakan Kopi Arabika & Kopi Robusta dari Lereng Gunung IJEN RAUNG Kab. Bondowoso dan Gunung ARGOPURO Kab. Situbondo Provinsi JAWA TIMUR
Menu
Model
Beranda » Berita » Kopi Arabika Ijen Raung BLUE MOUNTAIN

Kopi Arabika Ijen Raung BLUE MOUNTAIN

Dipublish pada 15 August 2018 | Dilihat sebanyak 11.238 kali | Kategori: Berita

Kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain atau yang biasa disebut dengan nama “Java Blue Mountain” menjadi perbincangan hangat pada tahun 2018. Hal ini disebabkan kopi ini menjadi primadona para penikmat kopi di Indonesia sehingga cafe dan roastery banyak yang bertanya kepada penulis, “Mas, apakah punya Arabika Ijen Blue Mountain?”, ada juga yang bertanya “Mas, Java Blue Mountain nya perkg berapa untuk Green Bean?” dan masih banyak pertanyaan lainnya. Baik melalui media sosial atau telefon secara langsung.

Apakah yang membuat kopi Arabika IJEN RAUNG Varietas BLUE MOUNTAIN menjadi sangat istimewa?

Hal ini bisa dikarenakan 2 hal :

  1. Varietas langka, hanya sedikit petani yang menanam kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain. Hal ini disebabkan karena produktivitas yang kurang begitu baik, hanya berkisar antara 50 s/d 60% jika dibandingkan jenis varietas USDA, Cobra, Catimor. Lini S dan lainnya. Sehingga petani merasa kurang menguntungkan menanam varietas ini, karena petani menjual dalam bentuk Cerry Red (glondong merah).
  2. Cita Rasa yang unik, Beberapa teman Barista dan Roastery memberikan testimoni yang hampir sama yaitu Kopi Arabika Ijen Raung varietas Blue Mountain memiliki wangi melati yang kuat, sweet like sugar cane dan juicy body menjadi daya tarik tersendiri atas kopi ini.

Sejarah kopi Arabika Ijen Raung Blue Mountain.

Sebenarnya terdapat beberapa versi tentang asal usul dan sejarah kopi arabika Ijen Raung Blue Mountain. Namun yang paling masuk akal dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah (menurut penulis) bahwa bibit kopi ini berasal dari Jamaica daerah pegunungan “Blue Mountain” yang dibawa oleh Belanda ke Indonesia pada masa penjajahan dahulu. Oleh Belanda kopi ini dicoba ditanam dibeberapa daerah di Nusantara, salah satunya di pulau jawa khususnya di lereng Ijen Raung. Di lereng Ijen Raung kopi ini coba dibibitkan dan ditanam di suatu daerah yang bernama “Gunung Blau”, apakah nama “Gunung Blau” ini sudah ada sejak dahulu atau dinamakan begitu karena ditanami kopi Arabika Blue Mountain? Penulis sampai sekarang belum menemukan referensi yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sedangkan dilereng Ijen Raung sendiri pada mulanya penduduk disekitar hutan atau kebun milik PTPN dilarang menanam kopi Arabika dan hanya boleh menanam kopi Robusta. untuk alasannya pun juga tidak jelas. tetapi ada beberapa penduduk yang nekat menanam kopi arabika ditengah hutan dengan mengambil bibit kopi dibawah tegakan kopi milik PTPN, salah satunya dibawah pohon kopi di “Gunung Blau”.

Sedangkan pada sekitar tahun 1980 an, sudah banyak petani yang menanam kopi arabika, sehingga kopi arabika Varietas Blue Mountain juga ikut menyebar. Walaupun tidak banyak petani yang menanam karena alasan produktivitas.

Karena keterbatasan produksi dan rasa yang unik itulah, harga kopi Arabika Ijen Raung Blue Mountain lebih mahal jika dibanding kopi Ijen Raung Varietas lainnya.

Apabila anda penasaran, dapat menghubungi penulis yang juga Petani Kopi Ijen Raung di nomor WA :

082 330 731 642

*diolah dari berbagai sumber

 

Salam,

 

Petani Kopi Ijen Raung

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Apakah kopi lanang dapat meningkatkan LIBIDO pria dewasa?

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 1.294 kali | Kategori: Berita

Asal kata “Lanang” adalah dari Bahasa Jawa yang berarti Laki-laki. Penulis belum menemukan jawaban kenapa di beri nama “Kopi Lanang”, apa karena bentuknya mirip punya “wong lanang” atau karena Kopi Lanang dipercaya dapat meningkatkan vitalitas lelaki. Namun yang pasti sampai... selengkapnya

MANFAAT KOPI

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 493 kali | Kategori: Berita

Apabila di konsumsi dengan wajar, ternyata kopi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kopi yaitu sebagai berikut : 1.Mencegah batu ginjal. Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah... selengkapnya

Sejarah Singkat Kopi Arabika di Indonesia

Dipublish pada 24 July 2018 | Dilihat sebanyak 2.783 kali | Kategori: Berita

  Kopi Arabika (Coffea arabica) diduga pertama kali diklasifikasikan oleh seorang ilmuwan Swedia bernama Carl Linnaeus (Carl von Linné) pada tahun 1753. Jenis Kopi yang memiliki kandungan kafein sebasar 0.8-1.4% ini awalnya berasal dari Brasil dan Etiopia. Arabika atau Coffea arabica merupakan Spesies kopi pertama yang ditemukan dan dibudidayakan... selengkapnya