Kami menyediakan Kopi Arabika & Kopi Robusta dari Lereng Gunung IJEN RAUNG Kab. Bondowoso dan Gunung ARGOPURO Kab. Situbondo Provinsi JAWA TIMUR
Menu
Model
Beranda » Berita » Kopi Arabika Ijen Blawan

Kopi Arabika Ijen Blawan

Dipublish pada 23 July 2018 | Dilihat sebanyak 1.722 kali | Kategori: Berita

Gambar : Pabrik Kopi Arabika Java Blawan (Lereng Ijen Raung)

Kopi adalah komoditas ketiga yang paling banyak diperdagangkan di dunia, dengan sekitar 500 juta cangkir per tahun. Pecinta kopi memiliki ragam alasan mengapa begitu menyukai minuman hitam ini. Bisa karena aromanya yang menggoda, cita rasanyanya, atau sensasi kesegaran yang terjaga.

Negara kita tercinta Indonesia Raya, merupakan produsen kopi ke-4 terbesar di Dunia dengan produksi lebih dari 660 juta kilogram biji kopi pada tahun 2015. Posisi ke-4 tersebut berada dibawah Brazil, Vietnam dan Kolombia.

Sebagai Negara di Posisi ke-4 Penghasil kopi, Indonesia memiliki banyak daerah penghasil kopi. Salah satunya berada dikebun Blawan yang berada di kawasan dataran tinggi Ijen Raung. Kebun Blawan masuk dalam administrasi Ds. Kalianyar Kec. Sempol Kab. Bondowoso Prov. Jawa Timur.

Dengan ketinggian antara 1.200 s/d 1.500 mdpl Kopi yang paling banyak ditanam di Blawan adalah Arabika didominasi varietas USDA dengan after taste (cita rasa) : Floral, Spicy dan Bright Acidity.

Kopi Arabika Blawan selain di hasilkan dari Pabrik Kopi Blawan dibawah PTPN XII yang sudah dipatenkan dengan merk dagang “ARABIKA JAVA BLAWAN”, pada saat ini juga sudah mulai tersedia kopi dari kebun rakyat yang ditanam dilahan Perhutani dengan skema bagi hasil.

Rata-rata kopi arabika blawan ditanam dengan pohon peneduh jenis lamtoro untuk milik PTPN XII dan pohon naungan tegakkan hutan untuk kebun rakyat.

 

Salam,

 

Petani Kopi Ijen Raung

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

MANFAAT KOPI

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 493 kali | Kategori: Berita

Apabila di konsumsi dengan wajar, ternyata kopi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kopi yaitu sebagai berikut : 1.Mencegah batu ginjal. Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25 persen lebih rendah... selengkapnya

MANISNYA HARGA KOPI ARABIKA IJEN RAUNG TAHUN 2018

Dipublish pada 24 July 2018 | Dilihat sebanyak 1.629 kali | Kategori: Berita

Judul diatas sengaja saya pilih untuk merepresentasikan perasaan hati riang dan gembira para petani kopi arabika di kaki gunung Ijen-Raung Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. Pasalnya pada tahun 2018 ini, harga kopi arabika relatif lebih mahal dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini... selengkapnya

Penyebaran Kopi Ijen Raung

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 1.367 kali | Kategori: Berita

Masyarakat dikawasan pegunungan Ijen Raung bersyukur atas limpahan kekayaan alam yang telah diberikan yang Maha Kuasa. Wilayah dataran tinggi pegunungan Ijen Raung telah mempunyai reputasi sebagai penghasil kopi Arabika sejak abad ke 18 dan telah dikenal dipasaran dunia dengan nama Java... selengkapnya