Kami menyediakan Kopi Arabika & Kopi Robusta dari Lereng Gunung IJEN RAUNG Kab. Bondowoso dan Gunung ARGOPURO Kab. Situbondo Provinsi JAWA TIMUR
Menu
Model
Beranda » Berita » Penyebaran Kopi Ijen Raung

Penyebaran Kopi Ijen Raung

Dipublish pada 17 February 2017 | Dilihat sebanyak 1.367 kali | Kategori: Berita

Masyarakat dikawasan pegunungan Ijen Raung bersyukur atas limpahan kekayaan alam yang telah diberikan yang Maha Kuasa. Wilayah dataran tinggi pegunungan Ijen Raung telah mempunyai reputasi sebagai penghasil kopi Arabika sejak abad ke 18 dan telah dikenal dipasaran dunia dengan nama Java Coffe.

Kawasan pegunungan Ijen Raung terletak pada garis lintang  antara 07° 56.130’ – 08° 01.527’ LS, garis busur antara 114° 02,121’- 114° 09.335’ BT tersebut, telah mendiskripsikan sebagai kawasan dataran tinggi dengan variasi topografi antara datar, bergelombang dan berbukit. Terdapat 5-6 bulan kering pada bulan Mei-September. Jenis tipe tanah adalah Andisol dengan kesuburan fisik dan kimia sangat tinggi. Tanaman kopi di tanam di bawah penaung yang mempunyai kecenderungan mudah terdekomposisi dengan C/N rasio kurang dari 15 dan pH tanah antara 5.8-6.35 sehingga cukup optimal untuk pertumbuhan tanaman kopi. Dataran pengunungan Ijen Raung yang berada pada ketinggian antara 900 – 1.500 m d.p.l dengan suhu rata-rata 15-25° C sangat cocok untuk penanaman Kopi Arabika Java Ijen Raung.

Sehingga kawasan pegunungan Ijen Raung memiliki karakteristik yang bagus untuk tanaman kopi arabika yaitu :

  1. Ketinggian antara 1.000 s/d 1.400 mdpl.

Kebanyakan perkebunan kopi arabika Ijen Raung berada di ketinggian antara 1.000 s/d 1.400 mdpl, yang merupakan ketinggian yang dianggap ideal oleh para ahli kopi untuk ditanami kopi arabika.

  1. Curah hujan rata-rata 1.514 mm/tahun.

Curah hujan ini tidak merata sepanjang tahun, akan tetapi petani kopi arabika Ijen Raung berhasil untuk mengatasi permasalahan tersebut.

  1. Tanah vulkanik entisol dan inceptisol.

Tipe tanah tersebut diatas sangat cocok untuk tanaman kopi arabika. Karakteristik tipe tanah ini (Tekstur, pH, C, N, dan nisbah C/N) telah diteliti secara mendalam dan sebagian bisa menjelaskan cita rasa khas Kopi Arabika Ijen Raung.

Sedangkan daerah tanam Kopi Arabika Ijen Raung tersebar di beberapa Kecamatan yang berada di 2 wilayah Kabupaten yaitu Bondowoso dan Situbondo dengan penyebaran sebagai berikut :

Kopi Arabika Ijen Raung juga telah mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dengan nomor pendaftaran ID G 000000023 tanggal 10 September 2013, dengan lambang sebagai berikut :

Selanjutnya kami siap mensuplai kebutuhan anda atas kopi arabika Ijen Raung.

 

Salam,

 

Ijen Raung Coffee

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Mengenal Proses Olah Basah (Full Washed) Arabika Ijen Raung

Dipublish pada 27 July 2018 | Dilihat sebanyak 2.764 kali | Kategori: Berita

Metode proses basah merupakan metode yang paling memakan biaya besar karena membutuhkan air yang banyak. Perbandingannya kira-kira 1 kilogram buah kopi harus dicuci dengan sekitar 1 sampai 6 liter air bersih. Oleh karena itu, metode ini biasa dilakukan oleh pabrik kopi yang cukup... selengkapnya

Kopi Arabika Ijen Blawan

Dipublish pada 23 July 2018 | Dilihat sebanyak 1.721 kali | Kategori: Berita

Kopi adalah komoditas ketiga yang paling banyak diperdagangkan di dunia, dengan sekitar 500 juta cangkir per tahun. Pecinta kopi memiliki ragam alasan mengapa begitu menyukai minuman hitam ini. Bisa karena aromanya yang menggoda, cita rasanyanya, atau sensasi kesegaran yang terjaga.... selengkapnya

Tempat wisata di sekitar Ijen Raung

Dipublish pada 19 July 2018 | Dilihat sebanyak 1.226 kali | Kategori: Berita

Gunung Ijen dan Gunung Raung adalah sebuah gugusan gunung aktif yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur dengan batas Kabupaten Bondowoso di sebelah barat, Kabupaten Situbondo disebelah utara, Kabupaten Banyuwangi disebelah timur dan Kabupaten Jember di sebelah Selatan. Gunung Raung... selengkapnya